22 November bulan ini, Gampong Saya Sudah 5 Tahun Online

Tidak terasa sudah lima tahun Gampong Cot Baroh online, tetapnya 22 November 2013 Keuchik Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga secara resmi mengajukan surat Pendaftaran Domain Desa.id Ke Pengelolaa Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Pada saat itu pengajuan surat pedaftaran domain desa.id merupakan hal yang tidak biasa bagi gampong, karena kebanyakan perangkat gampong gagap IT, latas mengapa Cot Baroh mengajukan surat pedaftaran domain.DESA.ID, dan apa isi surat yang disampaikan ?

Pengajuan surat pedaftaran domain desa.id bertujuan untuk mendapatkan sebuah indentitas dalam internet yaitu domain. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama serverkomputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. wikipedia. Pada saat itu domain untuk website Desa atau Gampong yaitu Desa.id.

desa.id sendiri adalah second level domain atau domain tingkat kedua Internet Indonesia untuk Desa. Sejak 1 Mei 2013, domain desa.id dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia ( PANDI ). Sebelumnya desa.id diusulkan oleh perwakilan desa-desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun (GDM) [1] dalam Diskusi Umum Terbuka (DUT) PANDI ke-2 di Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok, 12 Februari 2013. wikipedia

Isi yang disampaikan dalam surat pendaftaran domain yaitu biodata singkat pemohon dan domain yang dmintak pemohon, seperti Gampong Cot Baroh mintak 1. gampongcotbaroh.desa.id, 2. gp.cotbaroh.desa.id dan diakhir surat ditandatangani oleh Kepala Desa atau Keuchik serta setempel basah.

Pendaftaran domain desa.id tahun 2013 sudah berbeda sangat jauh dengan 2018, pada tahun 2015, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengambil alih domain Desa.Id sebagai domain resmi pemerintah, melalui Permenkominfo No. 5 tahun 2015 tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara, saat ini proses pedaftaran domain desa.id sudah setara dengan domain go.id cuma penggunaan yang berbeda, domain go.id untuk Pemerintah sampai dengan tingkat Kabupaten sedangkan DESA.ID khusus untuk desa atau sebutan lain sebagai mana disebutkan dalam pasal 1 UUD Desa Nomor  6 Tahun 2014 “Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Proses Pedaftar Domain Desa.id

Kembali lagi ke Website Gampong Cot Baroh, perkembangan website Gampong Cot Baroh dari pengajuan surat pendaftaran domain hingga pengelolaan website gampong dilakukan secara swadaya sebelum adanya Dana Desa cerita itu bermula pada 2013, sejumlah pemuda Gampong Cot Baroh menemukan informasi tentang desa internet di Jawa Tengah, yaitu Desa Melung melalui berita TV Nasional. Mereka termotivasi untuk meniru langkah Desa Melung, yaitu mempromosikan potensi dan produk unggukan gampong melalui internet.

Pemanfaatan internet untuk memajukan gampong sangat dibutuhkan, terlebih Gampong Cot Baroh tengah menata kehidupan bermasyarakat dan pembangunan. Menginjak tahun ke delapan perdamaian Aceh, kondisi Gampong Cot Baroh belum beranjak dari minimnya fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat. Saat konflik meletus di Aceh, Gampong Cot Baroh sempat porak poranda sehingga untuk sejajar dengan daerah lain, upaya percepatan pembangunan sangat diperlukan.

Untuk mempromosikan kegiatan dan potensi gampong melalui internet, para pemuda Gampong Cot Baroh memanfaatkan beragam media informasi di internet, mulai dari Facebook, Blogspot, hingga mendapatkan website dengan domain desa.id. Inisiatif tersebut mulai menemukan hasil berkat adanya Program 1.000 website gratis dari Gerakan Desa Membangun.

Para pemuda gampong bekerja hanya berbekal modal nekad, mereka harus bekerja secara swadaya tanpa ada anggaran operasional dari pemerintah gampong. Gampong Cot Baroh sendiri belum memiliki kantor desa dan komputer desa. Mereka menggunakan komputer pribadi, baik untuk pengelolaan konten website maupun aktivitas konferensi video.

Pada saat perumusan Rancangan Undang-Undang Desa, Gampong Cot Baroh sering terlibat dalam pembahasan draft melalui konferensi video dengan Pansus RUU Desa DPRRI. Akhirnya, pemuda gampong mendapat bantuan pengadaan pulsa modem dan handfree dari Gerakan Desa Membangun.

Tanpa ada anggaran operasional dari gampong, tidak ada kantor keuchik, tidak komputer gampong, media sosial dan website gampong terus bersuara menyempaikan informasi dari gampong.

Pada September 2014 Gampong Cot Baroh mendapatkan undangan resmi untuk mengikuti acara Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika) II di Desa Tanjungsari, Majalengka, Jawa Barat, tepatnya 26-27 September 2014. Semua biaya dan akomodasi ke Jawa Barat ditanggung oleh Gerakan Desa Membangun.

Pada acara itu, Gampong Cot Baroh mendapatkan penghargaan nasional berupa Destika Awards. Destika Award adalah penghargaan atas inisiatif, inovasi, dan kreativitas dalam pemanfaatan TIK dan penggunaan domain “DESA.ID” yang diberikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Para penerima Destika Award mendapat hadiah satu unit laptop untuk pengelolaan website gampong.

Semenjak Gampong Cot Baroh mendapatkan penghargaan Destika Awards, keberadaan gampong semakin dikenal di nasional. Gampong Cot Baroh sendiri sempat dikunjungi oleh Tim Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pada Desember 2015. Perjuangan Gampong Cot Baroh dalam mempromosikan gampong melalui internet didokumentasikan dalam film dokumentar nasional berjudul “Asa Dessa” yang diputar di pelbagai negara.

Selain itu, Gampong Cot Baroh mendapatkan penghargaan sebagai gampong dengan website terbaik atas penilaian Komunitas Aceh Samrt City dalam acara membangun gampong TIK dengan tema Aceh Thank To The Wolrd pada 26 Desember 2016. Hal itu membuktikan pemanfaatan internet gampong dianggap sebagai praktik inovasi desa yang sangat membanggakan.

Seiring dengan adanya Dana Desa (DD), sejak 2016, pembiayaan pengelolaan website dibiayai oleh Pemerintah Gampong. Bahkan, Gampong Cot Baroh sudah membangun tower internet gampong untuk kemudahan akses informasi di dunia maya sesuai dengan perintah Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Pada 2018, Gampong Cot Baroh ditetapkan sebagai salah satu lokasi Program Desa Broadband Terpadu Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama 221 desa lainya di Indonesia. []

Leave a Reply